Mentan Tak Pernah Usulkan Impor Daging Sapi

Suswono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Menteri Pertanian, Suswono, membantah pernah mengusulkan untuk mengimpor daging sapi guna memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Menurut Suswono, kebutuhan daging sapi di pasar masih bisa tercukupi dari daerah-daerah penghasil daging di Tanah Air.

Pekan lalu, dia bahkan telah mengirim surat kepada Menko Perekonomian Hatta Rajasa, yang isinya menjelaskan daerah-daerah penghasil sapi siap untuk mendukung kebutuhan daging sapi di Jakarta dan sekitarnya.

"Artinya, tidak perlu lagi tambahan kuota impor," ujar Suswono di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis 31 Januari 2013.

"Daerah-daerah sentra sapi seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, dan NTB, mereka siap untuk menyuplai daging," tambah Suswono.

Suswono menjelaskan, impor daging sapi itu merupakan usulan Kementerian Perdagangan. Alasannya untuk menekan harga daging sapi di pasar yang semakin merangkak naik. Jika tak segera diatasi, inflasi dikhawatirkan bakal terjadi.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

"Kan sudah diwacanakan Kemendag perlu ada tambahan impor. Alasannya logis juga," kata Suswono.

Masing-masing daerah penghasil daging, Suswono melanjutkan, sudah ditentukan kesanggupannya memasok daging sapi untuk kebutuhan masyarakat. Suswono pun mendukung pasokan daging sapi dari berbagai daerah itu untuk digunakan agar tak merugikan peternak dalam negeri.

"Gunakan dulu sapi lokal, jangan selalu solusinya menambah impor. Karena ekses tambahan impor yang tidak proporsional akan menekan harga di tingkat peternak," kata Suswono.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat mengkritisi rencana pemerintah menaikkan kuota impor daging. Pemerintah, melalui Menko Perekonomian, Hatta Rajasa dan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, merencanakan mengimpor daging dengan alasan menutup kekurangan stok daging dalam negeri. Selengkapnya baca (art)

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget
Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024