Suswono: Kuota Impor Daging Diputuskan Menko Perekonomian

Gedung Kementerian Koordinator bidang Perekonomian
Sumber :
  • VIVAnews/Jihad Akbar

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono mengaku heran dengan kasus dugaan suap Rp1 Miliar dari direksi PT Indoguna Utama kepada Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq untuk urusan impor daging sapi.

Menurut Suswono, jika memang benar perusahaan importir itu berusaha menyuap petinggi partainya untuk mendapat jatah kuota impor, jelas akan percuma. Karena alokasi kuota impor bagi tiap perusahaan yang direkomendasikan sudah ditetapkan secara jelas melalui keputusan rapat di Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Kuota impor diputuskan dalam rapat Menko Perekonomian. Alokasinya pun sudah jelas. Ada rumusnya sehingga antar perusahaan akan mengetahui si A dapat kuota berapa, B berapa, dan seterusnya. Sangat transparan," ujar menteri asal PKS ini dalam jumpa pers di Gedung kementerian Pertanian RI, Jakarta, Jumat 1 Februari 2013.

"Berdasar itu semua maka tak perlu sampai harus menyuap. Karena ini (kuota) sudah sangat terbuka. Masing-masing perusahaan mengetahui," kata Suswono.

Perusahaan-perusahaan importir yang dirujuk dalam penetapan alokasi kuota impor dalam rapat di Kementerian Koordinator Perekonomian itu pun sudah diverifikasi. Maka, Suswono tak habis pikir mengapa ada yang berusaha menambah kuota impor dengan cara menyuap petinggi partai politik. Menurutnya, itu jelas sangat aneh.

"Saya bingung. Ada apa sebenarnya di balik ini. Apakah dia berusaha menyuap supaya ada tambahan impor? Pembagian alokasi kuota impor 80 ribu ton kan sudah selesai," ujar Suswono. 

Apalagi, Kementerian Pertanian juga tak pernah mengusulkan untuk menambah kuota impor daging karena melihat kesiapan suplai daging lokal dari daerah-daerah penghasil daging sapi, sehingga kebutuhan pasar dapat terpenuhi.

"Kami kan sudah surati Menko Perekonomian supaya impor (daging) distop. Maksimalkan produk dalam negeri. Asalkan dukungan transportrasi ada, daerah sanggup untuk menyuplai," kata Suswono.

Sebelumnya, Suswono menyatakan bahwa Kementerian Pertanian tak pernah mengusulkan tambahan kuota impor daging sapi demi memenuhi kebutuhan pasar. Selengkapnya baca (eh)

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo
Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024