Proyek Tol Cikampek-Palimanan Tunggu Dana Kredit Cair

Pembangunan Jalan Layang Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Akhirnya Kate Middleton Muncul di Depan Publik, Ini Foto Terbarunya
– Direktur PT Lintas Marga Sedaya, Steve Ginting, menyatakan bahwa pelaksanaan proyek pembangunan ruas tol kilometer Cikampek - Palimanan sepanjang 116 km tinggal menunggu pencairan dana kredit sindikasi dari 22 institusi keuangan dan perbankan senilai Rp8,8 triliun. Masalah pembebasan lahan yang masih belum terselesaikan membuat pencairan dana itu sempat diurungkan meski telah mendapat persetujuan kredit sejak 26 September 2012.

Rupiah Loyo Dibayangi Penurunan Surplus Neraca Dagang RI

Namun, kata Steve, PT Lintas Marga Sedaya telah mendapatkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) pada tanggal 17 Januari kemarin dari kementerian pekerjaan umum. Mulai tanggal 1 Februari pihak perseroan telah menggenjot pengerjaan pembersihan lahan agar pengerjaan tanah bisa secepatnya dilakukan.

“Saat musim hujan begini kita mulai dengan pembersihan lahan dulu,” katanya ketika dihubungi VIVAnews, Senin, 4 Februari 2013.

TKN: Tidak Ada Suara Rakyat yang Dicurangi dalam Rekapitulasi

Mengenai permasalahan sewa tanah dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), lanjut Steve, saat ini sedang dalam proses penyelesaian perjanjian sewa tanah. Namun itu tidak akan mengganggu proses konstruksi.

Steve menjelaskan, pembangunan proyek tol Cikampek–Palimanan akan dilakukan serantak pada keenam seksi untuk mengejar waktu pengerjaan yaitu 30 bulan.

Enam seksi yang dimaksud itu antara lain seksi I Cikopo-Kalijati (29,12 kilometer), seksi II Kalijati-Subang (9,56 kilometer), dan seksi III Subang-Cikedung (31,37 kilometer). Kemudian seksi IV Cikedung-Kertajati (17,66 kilometer), seksi V Kertajati-Sumberjaya (14,51 kilometer), dan seksi VI Sumberjaya-Palimanan (14,53 kilometer).

PT Lintas Media Sedaya merupakan perusahaan patungan antara investor Malaysia, Plus Expressways Berhad yang memegang saham perseroan sebesar 55% dan PT Baskara Utama Sedaya 45%.  Masa konsesi untuk tol ini sendiri adalah 35 tahun dengan tarif tol per kilometernya Rp753 per kilometer pada tahun 2014. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya