Suap Impor Daging: KPK Siap Seret Tersangka Lain

Abraham Samad
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, mengungkapkan bahwa penyelidikan atas kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian tidak akan berhenti dengan empat tersangka. Terbuka kemungkinan masih ada tersangka lain.

Abraham menegaskan pihaknya akan mengembangkan penyelidikan kasus itu, yang turut menyeret eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq.  KPK akan melihat pihak-pihak mana lagi yang kemungkinan terlibat.

"Seandainya saja ada pihak lain yang terlibat dalam kasus ini, maka KPK akan bekerja secara profesional untuk melakukan langkah-langkah yang progresif," kata Abraham di Jakarta pada Senin 4 Februari 2013.

Menurutnya, semua pihak-pihak yang diduga mengetahui proses pengurusan kuota impor daging sapi akan dimintai keterangan oleh penyidik KPK. "Termasuk apabila diperlukan keterangan Menteri Pertanian, maka KPK akan segera melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan," ujar Abraham.

Selain Luthfi, tersangka dalam kasus ini adalah Ahmad Fathanah yang diduga orang dekat Luthfi serta dua petinggi PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendy.

Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan Selasa malam 29 Januari 2013. Dalam operasi itu, KPK mengamankan Ahmad dengan barang bukti uang Rp 1 miliar. Uang ini diduga terkait dengan kebijakan kuota daging impor. (ren)

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024