Jasa Marga: Motor Nantinya Bisa Lewat Tol Cikampek dan Jagorawi

Pengendara Motor Masuk Jalan Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Cerita Mistis Raffi Ahmad Melihat Komedian Sapri Sebelum Meninggal
PT Jasa Marga Tbk saat ini sedang menjajaki kemungkinan mengembangkan jalan tol khusus motor, berdampingan dengan jalan tol mobil di Jakarta.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

Direktur Operasional Jasa Marga, Hasanudin, mengatakan, usulan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan, bisa saja diterapkan asalkan ada satu lajur yang dikhususkan untuk kendaraan roda dua.
Kate Middleton Akhirnya Tampil di Hadapan Publik, Isu Konspirasi Terbantahkan


"Di Bali dan Suramadu juga sudah ada jalur khusus untuk motor," kata Hasanudin ketika ditemui
VIVAnews
di Jakarta, Kamis 7 Februari 2013.


Ia menjelaskan, potensi jalan tol khusus motor masih terbuka di semua ruas jalan tol milik perusahaan pelat merah itu. Kecuali jalan tol dalam kota Jakarta, karena sudah akan digunakan untuk monorel.


Secara paraturan, dia menjelaskan, jalan tol khusus motor telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol.


Dalam aturan tersebut dijelaskan, di beberapa daerah di Indonesia, sepeda motor merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar, sehingga perlu diberi kemudahan dalam penggunaan infrastruktur jalan tol dengan memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan.


Jasa Marga, menurut dia, tinggal mengurus masalah konstruksi. Ia menjamin pembuatan jalan tol khusus motor ini tidak akan memakan waktu lama dengan biaya konstruksi yang relatif tidak terlalu mahal. Ia menjelaskan, nantinya jalan tol khusus motor ini akan mempunyai lebar tiga meter.


Ruas tol yang kemungkinan dicoba untuk diterapkannya sistem ini adalah Jakarta-Cikampek dan Jagorawi. Hasanudin juga tidak menampik, untuk saat ini, permintaan agar sepeda motor bisa menggunakan jalan tol amat besar.


"Tarifnya bisa setengah atau sepertiga tarif normal. Suramadu saja sekitar 20 persen pemasukannya berasal dari sepeda motor," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya