Latih Ratusan Pegawai Pemda, Ditjen Pajak Gandeng STAN

Gedung Direktorat Jenderal Pajak
Sumber :
  • panoramio

VIVAnews - Direktorat Jenderal Pajak bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) untuk melatih pegawai di 369 pemerintah daerah kabupaten/kota terkait penerapan peraturan daerah tentang Pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2). Biayanya pun berasal dari pemerintahan daerah itu.

"Kami bekerja sama dengan STAN untuk program D-1," ujar Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Pajak, Hartoyo Muringan di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat 8 Februari 2013.

Biaya yang dikeluarkan setiap daerah itu, lanjut Hartoyo, sebesar Rp35 juta per pegawai daerah untuk mengikuti perkuliahan diploma satu tahun. Para Pegawai ini nanti akan diajarkan tentang penilaian pajak dan operator konsultasi oleh pejabat-pejabat Dirjen Pajak.

Selain itu, Dirjen Pajak juga akan mengajarkan teknologi informasi, aplikasi perpajakan, dan peta perpajakan kepada pegawai ratusan daerah tersebut. 

Pejabat Kantor Wilayah Ditjen Pajak dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) pun akan memberikan pendampingan untuk menilai pajak rumah, ruko, serta mal yang berada di suatu kabupaten itu.

"Kanwil dan KPP untuk dampingi penilaian daerah, STAN untuk didik D-1, dan kantor pusat buat prosedur kerja dan adakan pelatihan," kata Hartoyo.

Menurut Hartoyo, Dirjen Pajak mengadakan pelatihan ini supaya pemerintah daerah bisa memungut pajak sendiri. "Kita dorong pemda belajar. Tidak perlu hire orang," kata Hartoyo. (asp)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024