Menteri PU: Jalur Motor di Jalan Tol Harus Aman

Pengendara Motor Masuk Jalan Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Rencana pembuatan jalur khusus untuk sepeda motor di jalan tol terus bergulir. Ide itu, yang dilontarkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, tengah dikaji PT Jasa Marga Tbk.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menilai ide ini bisa saja diwujudkan. Namun, menurut dia, faktor keamanan jalur motor di jalan tol juga harus dikaji secara mendalam. "Faktor keselamatan harus dipikirkan," kata Djoko di Jakarta.

Menurut Djoko, peraturan pemerintah soal jalur motor di jalan tol ini sudah ada. Dulu, dia menjelaskan, peraturan ini dimasukkan untuk jalan tol di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Saat ini, memang ada dua tol yang dilengkapi dengan akses kendaraan roda dua, yakni Tol Suramadu dan Tol Ngurah Rai-Tanjung Benoa-Nusa Dua di Bali. Namun, kedua jalan tol tersebut dilengkapi dengan pembatas, sehingga motor punya jalur sendiri dan terpisah dengan kendaraan roda empat.

Namun, Djoko mengaku belum mengetahui apakah peraturan tersebut bisa diterapkan di Jakarta atau tidak. Kementerian PU, dia menambahkan, akan mengkaji terlebih dahulu, apakah memang PP tersebut berlaku untuk umum.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

Selain itu, Djoko akan melihat apakah aturan ini harus diubah atau tidak untuk mewujudkan ide jalur motor di tol Jakarta.

PP yang mengatur jalur kendaraan roda dua di jalan tol itu adalah Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Dalam rincian pertimbangan disebutkan di beberapa daerah di Indonesia, sepeda motor merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar, sehingga perlu diberi kemudahan dalam penggunaan infrastruktur jalan tol dengan memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan. (art)

Selebrasi gol Bruno Fernandes saat Manchester United melawan Burnley

Bruno Fernandes Desak Perubahan Aturan Sepakbola Usai Kemenangan MU

Bruno Fernandes mengatakan sepak bola seharusnya memperbolehkan pemain melepas baju untuk merayakan jika mereka mau, setelah Amad diusir dari lapangan melawan Liverpool.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024