Lima Cara Cerdas Gunakan Kartu Kredit

Peluncuran Kartu Kredit Solid Titanium
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
, menunjukkan transaksi menggunakan kartu kredit di Indonesia mencapai 83 persen. Kartu kredit mulai menjadi pilihan masyarakat. Untuk itu, pemegang kartu harus cerdas menggunakannya.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Kartu kredit memungkinkan seseorang untuk menunda pembayaran beberapa pekan setiap bulan. Kartu kredit merupakan instrumen rumit dalam keuangan. Berbagai skema pembayaran dan fitur serta promosi seperti diskon ditawarkan bank penerbit kartu kredit.
Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa


Namun, jika tidak pintar menggunakan kartu kredit, bukan untung yang didapat, tapi buntung. Berikut cara pintar menggunakan kartu kredit agar tetap bisa menikmati manfaat kartu kredit, seperti dilansir
CBSnews
:


1. Bayar penuh tagihan Anda setiap bulan.

Jika melihat tawaran suku bunga yang ditawarkan kartu kredit sepertinya terlihat kecil. Namun, sebenarnya itu adalah sesuatu yang mengerikan. Kartu kredit merupakan alat yang hebat untuk menunda pembayaran, tagihan, setiap bulannya. Jika Anda terus menunda, tagihan beserta bunga akan membengkak.


2. Periksa fasilitas kartu kredit sebelum Anda berbelanja.

Hitung cara terbaik untuk melunasi utang kartu kredit. Periksa apakah ada cicilan 0 persen setiap barang yang Anda beli ataupun berbagai promosi seperti tawaran diskon.


Jika Anda mempunyai lebih dari satu kartu kredit, gunakan yang sesuai dengan promosi tempat Anda belanja.


3. Mendaftar pembayaran otomatis.

Mendaftarkan pada layanan pembayaran otomatis berbagai tagihan seperti telepon, cicilan, dan lain-lain memastikan Anda tidak kehilangan waktu keterlambatan pembayaran serta membayar lebih untuk denda keterlambatan. Debet secara langsung dapat menghindarkan Anda dari kesalahan fatal.


4. Atur waktu pembayaran kartu kredit.

Setiap bank penerbit kartu kredit biasanya memungkinkan Anda untuk mengatur waktu pembayaran tagihan kartu kredit. Atur jatuh tempo kartu kredit Anda dengan tepat setelah gajian, agar memastikan seluruh tagihan terbayar.


5. Gunakan point rewards secara bijaksana.

Dibandingkan
cashback
, beberapa program seperti liburan gratis mungkin lebih masuk akal. Bandingkan nilai berbagai program yang ditawarkan dengan tawaran
cashback
dari bank. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya