Direktur Operasionalnya Mundur, Dirut Merpati Dipanggil Kemenhub

Pesawat Merpati
Sumber :
  • airliners.net
VIVAnews - Wakil Presiden Eksekutif merangkap Direktur Operasional PT Merpati Nusantara Airlines, Asep Eka Nugraha, dari jajaran pimpinan maskapai tersebut. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lalu akan memanggil Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines.
Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

"Kami akan memanggil Dirut Merpati," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang S. Ervan, saat dihubungi VIVAnews pada Kamis 14 Februari 2013.
Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Dia menambahkan, pemanggilan tersebut tidak terkait manajemen, tetapi terkait dengan teknis operasional. "Tidak masalah, kalau pegawai maskapai penerbangan mengundurkan diri dari perusahaan. Tapi, karena yang mengundurkan diri adalah direktur operasional, ini menjadi penting karena menyangkut keselamatan pelaksanaan penerbangan," ujarnya.
Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

Apalagi, menurut Bambang, dalam Civil Aviation Safety Regulation atau Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil, ada kewajiban dari seorang CEO suatu maskapai untuk melapor kepada Kementerian Perhubungan bahwa ada direktur operasional yang mengundurkan dir dari maskapai tersebut. "Lalu, CEO itu menjamin keselamatan penerbangan itu tidak terdegradasi," kata dia.

Pemanggilan Direktrur Utama Merpati, Rudy Setyopurnomo, kata Bambang, yang dilakukan Kementerian Perhubungan bukan tanpa alasan. Sebab, direktur operasional merupakan posisi yang paling penting dalam sebuah maskapai karena posisi ini bertugas menjamin keselamatan operasional maskapai penerbangan.

Bambang juga menyarankan agar maskapai Merpati Nusantara Airlines segera mencari direktur pengganti. "Segera cari pengganti karena berkaitan dengan keselamatan penerbangan," ujarnya. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya