Setiap Hari 150 Ton Sampah Mengalir di Jakarta

Sampah Pemicu Banjir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dari Kementerian Pekerjaan Umum mengungkapkan sampah di Jakarta sudah begitu banyak. Setiap hari 150 ton sampah mengalir dan menumpuk di kali-kali Ibu Kota.
Makin Memikat! Kim Soo Hyun Bakal Isi Soundtrack Queen of Tears

Demikian ungkap Direktur Jenderal Sumber Daya Air di Kementerian PU, Mohamad Hasan, kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis 14 Februari 2013.
Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Hasan merinci secara khusus, sampah yang paling besar ada di kali Manggarai sebesar 50 ton per hari dan di Pesanggrahan sebanyak 30 ton sampah per harinya.
Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Yang membuat permasalahan menjadi bertambah rumit, menurutnya, adalah sampah-sampah tersebut tertumpuk di pintu-pintu air dan membuatnya tertutup karena terhalang sampah.

Ia mencontohkan, kejadian terbaru adalah jebolnya tanggul Latuharary pada saat hujan deras melanda Jakarta selama lebih dari tiga jam.

Di pintu air Karet, menurutnya, dari empat pintu air yang ada hanya satu yang bisa berfungsi normal. Sedangkan satu lagi, hanya bisa bekerja sebanyak 20 persen. Kemudian dua sisanya, bahkan sama sekali tidak bisa digunakan karena terhalang sampah. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya