Dua BUMN Sinergi Pasok Listrik ke Bangka Belitung

Dirut PLN Nur Pamudji
Sumber :
  • VIVAnews/ Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala
– PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Timah Tbk sepakat untuk bekerja sama memasok kebutuhan listrik sebesar 25 megawatt ke Bangka Belitung dari Tanjung Api-Api, Sumatra Selatan.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Direktur Utama PT Timah, Sukrisno, mengatakan bahwa dengan komitmen yang diperoleh dari PLN ini bisa mengurangi biaya produksi. Sebab, selama ini PT Timah mendapatkan listrik dari genset yang berbahan bakar solar.
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali


"Kepulauan Bangka menjadi kosumen BBM (bahan bakar minyak) terbesar kedua setelah Kalimantan, karena banyaknya pemakaian BBM untuk genset," ujar Sukrisno ketika ditemui di Jakarta, Jumat 15 Februari 2013.


Dengan menggandeng PLN, Sukrisno berharap, bisa menurunkan jumlah konsumsi BBM nasional. Selain itu, penurunan biaya produksi perusahaannya juga bisa tercapai.


Selama ini, lanjut Sukrisno, biaya yang dikeluarkan perseroan untuk menghasilkan listrik sebenarnya bisa tiga kali lebih mahal daripada listrik yang dibeli dari PLN.


Menurutnya, di Bangka saja PT Timah mempunyai 10 genset. Belum lagi perusahaan swasta mempunyai 38 genset. Ini belum termasuk yang di Belitung. Tentu ini membuat konsumsi solar amat tinggi.


Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, perlu pengadaan kabel untuk menyambungkan listrik ke Bangka Belitung, nilai investasinya triliunan rupiah. "Kira-kira investasi untuk kabelnya itu Rp1,4 triliun," kata pada kesempatan yang sama. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya