9 Negara 'Penggemar' Daging Kuda

Logo rumah potong daging kuda di Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVAnews - Eropa tengah dilanda skandal daging kuda. Produk daging sapi yang beredar di masyarakat diganti dengan daging kuda. Tercatat ada 11 negara Eropa yang bermasalah dengan penipuan produk ini.

Bagi sebagian warga Eropa, terutama di Prancis, daging kuda biasa mereka konsumsi. Namun, banyak pula yang pantang makan daging hewan itu, terutama di Inggris.

Beberapa orang merasa mual saat memakan daging kuda dan menganggap berbahaya karena mengandung obat fenilbutazon--salah satu obat keras yang hanya dikeluarkan dengan resep dokter untuk mengobati kuda dan dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia.

Namun, di beberapa negara, mengkonsumsi daging kuda adalah hal yang biasa layaknya memakan daging sapi. Dilansir The Huffington Post, Senin 18 Februari 2013, berikut sembilan negara yang biasa mengkonsumsi daging kuda, dimana Indonesia masuk di dalamnya:

1. Perancis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Daging kuda sangat populer dalam berbagai resep masakan Perancis. Bahkan beberapa chef Perancis mendeskripsikan daging kuda seperti daging sapi dengan kaya rasa.

2. China

China adalah salah satu negara dengan konsumsi daging kuda terbesar di dunia. Biasanya daging kuda diolah menjadi bentuk sosis atau disajikan dengan bihun.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

3. Kazakhstan.

Selain di China, daging kuda populer di Kazakhstan. The Food and Agriculture Orhganization (FAO) melansir Kazakhstan negara konsumsi daging kuda terbesar di dunia setelah China.

4. Indonesia.

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Di Indonesia daging kuda mungkin bukanlah asing. Masyarakat Indonesia biasa mengolah daging kuda menjadi sate.

5. Jerman

Sauerbraten merupakan makanan favorit masyarakat Jerman yang telah terkenal hingga mancanegara. Daging direndam selama 3-4 hari dengan berbagai rempah-rempah lalu dipanggang. Sauerbraten tradisional menggunakan daging kuda. 

6. Belgia

Daging kuda sudah menjadi makanan pokok di Belgia, seperti diolah menjadi steak.

7. Jepang

Masyarakat Jepang menyantap daging kuda seperti makan sushi, daging dipotong tipis dan dimakan mentah.

8. Swiss


Swiss salah satu negara di Eropa yang terkena skandal daging kuda, namun masyarakat Swiss masih mentolerir untuk menyantap daging kuda.

9. Skontlandia


Sebuah restoran di Glasgow, Skotlandia, laris diserbu konsumen setelah baru-baru ini menambah menu burger daging kuda dan keripik daging kuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya