10 Presiden Terkaya Negeri Paman Sam (I)

George Washington
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Barack Obama saat ini menjabat sebagai presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya. Namun, bukan berarti presiden berkulit hitam pertama di AS ini menjadi presiden AS terkaya.

USA Today melansir data terbaru kekayaan presiden AS sejak kepala negara pertama, George Washington, hingga presiden ke-44, Barack Obama. Data ini diambil dari Wall Street Journal tiga tahun lalu dan diperbaharui.

Hasilnya, Bill Clinton adalah presiden AS terkaya yang masih hidup. Kekayaan bersih Clinton mencapai US$55 juta, jauh dibandingkan kekayaan Obama yang ditaksir hanya US$7 juta. Bill Clinton meraup kekayaan dari ceramah-ceramah di berbagai kampus dan seminar.

Beberapa presiden AS kaya akibat memiliki perkebunan yang luas, namun di akhir hayat terjerat utang akibat hasil pertanian yang tidak menentu. Berikut 10 presiden terkaya di Amerika Serikat:

1. George Washington (presiden pertama, 1789-1797)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Total kekayaan: US$525 juta.

Washington memang dikenal sebagai tuan tanah pada zamannya. Kekayaan Washington ditaksir mencapai US$525 juta, yang dihimpun dari lima peternakan terpisah seluas 8.000 hektare. Washington mempekerjakan 300 budak untuk merawat peternakan. Istrinya, Martha Washington, juga mewarisi properti yang signifikan dari ayahnya.

2. Thomas Jefferson (presiden ke-3, 1801-1809)

Total kekayaan: US$212 juta.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Jefferson mendapatkan warisan 3.000 hektare tanah dan selusin budak dari ayahnya. Selain itu, rumahnya di Monticello, seluas 5.000 hektare merupakan salah satu keajaiban arsitektur pada masanya. Sayangnya, Jefferson terperosok dalam utang menjelang akhir hidupnya.

3. Theodore Roosevelt (presiden ke-26, 1901-1909)

Total kekayaan: US$125 juta.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Lahir dari keluarga terkemuka dan kaya, Roosevelt menerima warisan yang cukup besar. Memiliki perkebunan seluas 235 hektare di Sagamore Hill, yang saat ini menjadi lokasi paling berharga di Long Island.

4. Andrew Jackson (presiden ke-7, 1829-1837)

Total kekayaan: US$119 juta.

Jackson berasal dari kalangan kelas menengah dan menjadi salah satu presiden terkaya di era 1800. Presiden dengan panggilan akrab Old Hickory ini merupakan jenderal militer. Wismanya, The Hermitage, seluas 1.050 hektare dan memiliki 300 budak.

Jackson yang terkenal dengan kebijakan kontroversialnya, yaitu mengusir Indian, penduduk asli AS, ini terlilit utang yang besar di akhir hayatnya.

5. James Madison (presiden ke-4, 1809-1817)

Total kekayaan: US$101 juta.

Madison adalah pemilik tanah terbesar di Orange County. Ia memiliki lahan seluas 5.000 hektare. Sayangnya, Madison kehilangan uang di akhir hidupnya, karena hasil perkebunan yang tidak stabil. (art)

Bersambung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya