SBY Minta Saran Hatta untuk Calon Gubernur BI

Anak Ibas-Aliya Diberi Nama Airlangga Satriadhi Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Seyuman Anda Itu Berat Sekali
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengaku telah dimintai saran oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai rekomendasi calon pengganti Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, yang akan berakhir masa jabatannya pada Mei mendatang.

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

"Saya sudah diminta masukan," ujar Hatta di Istana Negara, Senin 18 Februari 2013.
Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya


Presiden, Hatta melanjutkan, akan menyampaikan rekomendasi calon gubernur BI pada 22 Februari mendatang, sesuai dengan ketentuan undang-undang.


Hatta menekankan, untuk menjadi gubernur BI, siapa pun calonnya harus memiliki rekam jejak yang baik serta integritas tinggi, khususnya terkait kebijakan moneter. "Di bidang makro juga diperhatikan, kemampuan mengoordinasi ke sektor riil," katanya.


Proses pergantian dan pemilihan gubernur bank sentral, menurut Hatta, harus berjalan dengan transparan dan akuntabel. Tujuannya, BI sebagai salah satu lembaga independen di luar struktur pemerintah diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.


"Itu semua pandangan dan kriteria yang jadi pemikiran. Karena, BI sangat vital, gubernur yang tidak dipilih rakyat itu, ya ini, selain gubernur Lemhanas," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya