10 Presiden Terkaya Negeri Paman Sam (II)

George W Bush, Bill Clinton & Barack Obama bersatu untuk Haiti
Sumber :
  • AP/ Alex Brandon
VIVAnews -
KSPSI Siagakan Posko Mudik Lebaran 2024 Lewat Brigade Tanggap Bencana
Barack Obama boleh saja menjabat Presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya, namun, bukan berarti presiden berkulit hitam pertama di AS ini menjadi presiden AS terkaya.
Mendag: Kami Siap Meluncurkan Roket Bertenaga Metana Perdana

USA Today
Ahli Waris 7 Korban Kecelakaan Bus Rosalia Indah Terima Santunan dari Jasa Raharja
melansir data terbaru kekayaan presiden AS sejak kepala negara pertama, George Washington, hingga presiden ke-44, Barack Obama. Data ini diambil dari Wall Street Journal tiga tahun lalu dan diperbaharui.

Hasilnya, presiden Joh F Kennedy, tercatat sebagai presiden terkaya AS dengan total kekayaan sebesar US$1 miliar. Jauh di bawah total kekayaan Obama yang ditaksir hanya US$7 juta.


Sedangkan Bill Clinton, adalah presiden AS terkaya yang masih hidup. Kekayaan bersih Clinton mencapai US$55 juta. Bill Clinton meraup kekayaan dari ceramah-ceramah di berbagai kampus dan seminar.


Beberapa presiden AS kaya akibat memiliki perkebunan yang luas, namun di akhir hayat terjerat utang akibat hasil pertanian yang tidak menentu. Berikut 10 presiden terkaya di Amerika Serikat () :


6. Herbert Clark Hoover (Presiden AS ke-31, 1929-1933)

Total kekayaan US$75 juta.


Yatim piatu, Hoover dibesarkan oleh pamannya yang seorang dokter. Hoover menghimpun kekayaan saat bekerja sebagai eksekutif perusahaan pertambangan. Hoover memiliki gaji besar selama 17 tahun dan memiliki saham di perusahaan tambang. Hoover bahkan menyumbangkan gajinya selama menjadi presiden untuk amal.


7. Franklin D. Roosevelt (Presiden ke-32 AS, 1933-1945)


Total kekayaan US$60 juta.


Kekayaan Roosevelt berasal dari warisan dan pernikahan. Roosevelt mempunyai real estate seluas 800 hektar di Springwood. Selain itu, FDR juga mempunyai beberapa properti di Georgia, Maine dan New York.


8. John Fitzgerald Kennedy (Presiden ke-35 AS, 1961-1963)


Total kekayaan US$1 miliar.


Lahir dalam kekayaan besar, ayah JFK merupakan salah satu orang terkaya di AS pada masanya dan merupakan komisaris utama the Securities and Exchange Commission. Hampir sebagian besar properti dan kekayaan JFK merupakan kekayaan keluarga.


9. Lyndon Baines Johnson (Presiden ke-36 AS, 1963-1969)


Total kekayaan US$98 juta.


Ayah Johson kehilangan semua uangnya saat masih remaja. Namun, Johson kembali bangkit dan berhasil membeli perkebunan dan rumah seluas 1.500 hektar di Blanco County, Texas. Ia dan istrinya juga mempunyai stasiun radio dan televisi di Texas. LBJ sukses membangun usaha dan mempunyai pesawat pribadi.


10. William Jefferson Clinton (Presiden ke-42 AS, 1993-2001)

Total kekayaan US$55 juta.


Tidak seperti banyak presiden AS sebelumnya, Bill Clinton bukan berasal dari keluarga kaya. Namun, setelah usai menjabat sebagai presiden, Clinton mendapatkan pemasukan sebesar US$125 juta sebelum pajak.


Pemasukan Bill Clinton berasal dari bayaran sebagai pembicara. Kekayaan bersih Clinton berkurang sebesar US$13 juta pada 2008 lalu karena dipinjam oleh istrinya, Hillary Clinton, sebagai biaya kampanye. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya