Wamenkeu: Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Opsi Terakhir

Anny Ratnawati
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati, berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat mengimplementasikan kebijakan-kebijakan pengendalian kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan baik agar anggaran tidak jebol pada tahun ini.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Sebab, jika semua skenario untuk tak berhasil dan berdampak pada beban subsidi yang terlalu besar, pemerintah akan terpaksa menaikkan harga BBM bersubsidi sebagai opsi terakhir.

"Pemerintah tetap berharap bahwa rencana Kementerian ESDM untuk pengendalian volume itu tetap dilaksanakan," ujar Anny di kompleks Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis 21 Februari 2013.

Anny menjelaskan, kelebihan kuota BBM bersubsidi jika ditambah dengan kenaikan harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) yang terlalu jauh dari asumsi awal, akan memberikan tekanan yang besar pada APBN 2013, khususnya pos subsidi.

Kementerian Keuangan, Anny melanjutkan, terus memantau pergerakan semua indikator ekonomi yang dapat menekan fiskal pemerintah pada tahun ini. Kondisi itu penting agar dampaknya tidak akan terjadi secara berkepanjangan.      

"Satu kekhawatiran kami dari sisi pelampauan kuota. Kedua, dari sisi harga ICP-nya. Ketiga, dari lifting-nya," katanya.

Meski demikian, menurut Anny, hingga saat ini, semua indikator itu dilihat dari sisi penerimaan dan belanja pemerintah masih dalam batas yang terkendali. Namun, pemerintah tetap waspada dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi di tengah situasi global yang masih tidak kondusif seperti saat ini. (art)

Pendeta Gilbert Lumoindong

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

Pendeta Gilbert sebelumnya sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024