Pertamina Uji Coba Sistem IT Pengendalian BBM di Jawa Barat

Sepeda motor plat merah memakai BBM premium
Sumber :
  • ANTARA/ Andreas Fitri Atmoko
VIVAnews -
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Sistem teknologi informasi untuk pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan mulai diterapkan di Jawa Barat pada akhir 2013. Saat ini, Pertamina sedang menguji coba sistem bernama Sistem Monitoring dan Pengendalian (SMP) BBM bersubsidi di dua lokasi Jawa Barat.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Untuk penerapan SMP BBM di Jawa Barat sedang tahap percobaan di Kabupaten Cianjur, yaitu di Cibeber dan Tanggeng," kata
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
General ManagerFuel Retail Marketing
Region III Pertamina, Hasto Wibowo, di Bandung, Kamis 28 Februari 2013.


Hasto mengatakan, sistem pengendalian BBM subsidi ini telah ditenderkan. Pertamina telah menemui Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, untuk membuat teknis operasional dan pengendalian BBM subsidi di Jawa Barat.


Pertamina meminta Pemda Jawa Barat mulai mengendalikan distribusi BBM subsidi dari yang mudah diawasi seperti instansi TNI-Polri, BUMN, BUMD, dan intansi pemerintahan itu sendiri.


Ia mengatakan aturan penggunaan stiker yang dilakukan saat ini tidak berjalan efektif. Banyak oknum yang menggunakan kendaraan dinas mencopot stiker tersebut.


"Di Indonesia, sesuatu hal yang murah pasti dikejar. Stiker hanya terasa sebentar dan dua tiga bulan kemudian semua stiker dilepas," katanya. "Kami berharap penerapan SMP BBM tegas, meski tanpa stiker, yang tidak berhak tidak akan mendapat BBM bersubsidi." (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya