Jembatan Kelok Sembilan Diharapkan Beroperasi Pertengahan 2013

Jembatan Layang Kelok Sembilan Diresmikan
Sumber :
  • kabar siang-tvOne

VIVAnews - Pemerintah optimistis Jembatan Kelok Sembilan di Sumatera Barat sudah bisa dioperasikan pada pertengahan tahun ini.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, mengharapkan  tidak ada kendala yang dapat menunda penyelesaian pengerjaan jembatan yang dibangun untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas antara Bukittingi dan Pekanbaru itu.

"Mudah-mudahan kami bisa selesaikan pembangunannya pada pertengahan tahun," ujar Djoko di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat 1 Maret 2013.

Menurut Djoko, proses konstruksi seharusnya bisa selesai pada akhir 2012. Namun, pada Juli, ada perkiraan desain konstruksi yang tidak tepat, sehingga membuat perubahan pada segi desain dan konstruksinya. Tambahan-tambahan itu yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

Djoko berharap, tidak sampai Desember, jembatan yang menghubungkan arus lalu lintas dari Sumatera Barat ke Riau ini bisa rampung.

Kelok terakhir ini, menurut Djoko, terjadi karena adanya permasalahan perbedaan rancangan fondasi yang ketika hendak diterapkan malah tidak cocok di lapangan.

Kementerian PU, menurut Djoko, sudah menemukan solusinya. Menteri PU pun telah setuju untuk melakukan penunjukan langsung kepada kontraktor yang mengerjakan kelok terakhir jembatan itu.

"Ini satu kesatuan konstruksi, jadi kami tinggal meneruskan. Dilakukan penunjukan agar konstruksi awal hingga akhir dilakukan oleh satu pihak, sehingga jika terjadi kesalahan ada yang bertanggung jawab," kata Djoko.

Jembatan Kelok Sembilan merupakan jembatan yang terletak di ruas jalan nasional Bukittinggi-Pekanbaru yang menjadi penghubung lintas tengah Sumatera dengan Pantai Timur Sumatera (Padang-Dumai) dan terletak di kilometer 143-148 ruas jalan tersebut.

Jembatan itu didesain atas enam bentangan jembatan. Bentangan jembatan pertama memiliki panjang 20 meter. Bentang kedua sepanjang 230 meter, bentang ketiga sepanjang 65 meter, bentang keempat 462 meter, bentang kelima 31 meter, dan bentang keenam sepanjang 156 meter.

Jembatan Kelok Sembilan mempunyai total panjang mencapai 964 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter. Pembangunan jembatan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama telah selesai dan bisa dipergunakan untuk menunjang arus mudik pada 2012. (art)

Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024