Hutama Karya Minta Dana Awal Rp5 Triliun untuk Tol Sumatera

Gedung Hutama Karya (HK)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – PT Hutama Karya meminta pendanaan sekitar Rp5 triliun untuk menggarap tiga ruas tol Trans Sumatera. Ketiga jalan tol tersebut adalah ruas Palembang-Indralaya, Medan-Binjai, dan Padang-Sicincin.

"Kami sudah berbicara dengan Kementerian Keuangan untuk meminta pendanaan itu tahun ini," kata Direktur Utama Hutama Karya, Tri Widjajanto, ketika ditemui di acara bedah buku di kantor Waskita Karya, Jakarta, Selasa 5 Maret 2013.

Tri mengatakan, sebetulnya Hutama Karya meminta sekitar Rp15 triliun untuk tiga ruas tol tersebut. Namun, untuk tahun ini, perseroan hanya meminta Rp5 triliun dan sisanya akan menyusul pada tahun berikutnya.

Ia berharap, dana tersebut bisa segera dikabulkan pada semester pertama 2013 dan dimasukkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P).

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Selain itu, dia berharap proses pembuatan peraturan pemerintah dan juga peraturan presiden yang menunjuk Hutama Karya sebagai penggarap tol Trans Sumatera bisa segera rampung.

"Saya mendengar, katanya sudah tahap finalisasi, mudah-mudahan saja bisa cepat keluar," ujarnya.

Sejauh ini, menurut dia, Hutama Karya sudah mempersiapkan studi kelayakan terhadap ruas-ruas tol Trans Sumatera tersebut. Perseroan di antaranya sudah mempersiapkan desain dasar, detail engineering, survei, studi kelayakan, Amdal, dan juga prosedur standar operasional yang nantinya akan digunakan jika PP dan perpres sudah siap. (sj)

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024