Rusdi Kirana, Dari Penjual Mesin Tik Jadi Raja Maskapai RI

CEO Lion Air, Rusdi Kirana
Sumber :
  • REUTERS/Tim Chong
VIVAnews -
Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23
Pemilik Lion Air, Rusdi Kirana, terus mencatatkan sejarah dalam industri penerbangan. Setelah memborong pesawat Boeing senilai US$21 miliar pada November 2011 lalu dan disaksikan Presiden Barack Obama, kini ia juga memborong produsen pesawat pesaing, Airbus, senilai US$24 miliar di depan Presiden Prancis, Francois Hollande.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

Dilansir
Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut
Reuters , Selasa 19 Maret 2013, Rusdi Kirana adalah sosok yang sederhana dan cenderung pemalu. Sampai saat ini, ia lebih suka terbang dengan kelas ekonomi dibanding menggunakan kelas bisnis.


"Saya lebih memilih terbang di kelas ekonomi tapi hal tersebut membuat para produsen pesawat gelisah, dan saya tidak ingin membuat mereka marah," katanya seusai penandatanganan pembelian pesawat Airbus dengan Lion Air di Prancis.


Rusdi pernah menjadi
sales
mesin ketik buatan Amerika "Brother" dengan bayaran US$10 per bulan. Rusdi dan Kusnan Kirana, saudaranya, bersama-sama masuk dalam bisnis penerbangan pesawat di Indonesia pada Juni 2000.


Sementara itu, dengan pesat, Lion Air berhasil menguasai 45 persen pasar domestik Indonesia dengan moto "
We Make People Fly
". Ekspansi Lion Air dengan menggandeng Airbus dan Boeing meraih perhatian dunia. Namun, perusahaan masih menghadapi kesulitan dengan citranya.


Hingga saat ini, Lion Air masih dilarang untuk terbang di Uni Eropa akibat masalah tingkat keamanan yang rendah. Rusdi mengatakan hal tersebut tidak adil. Airbus telah mengirimkan penasihat untuk membantu Lion Air agar dapat memenuhi standar keamanan Eropa.


Rusdi membantah dengan banyaknya pembelian pesawat menyulitkan keuangan Lion Air. "Selama ini kami hanya tidak ingin pamer. Tapi Anda bisa berbicara dengan para perbankan, mereka tidak akan membiayai Lion Air jika kondisi keuangan perusahaan tidak bagus," katanya.


Bahkan, ia menyatakan Lion Air akan mencatatkan diri di bursa saham pada 2015 mendatang. Hasil
initial public offers
(IPO) tersebut akan digunakan Lion Air untuk ekspansi ke negara-negara di Asia Pasifik. Saat ini, Rusdi mengaku telah ekspansi ke Malaysia dengan membentuk Malindo Air.


Rusdi merupakan contoh CEO yang berani mengambil risiko yang tinggi agar dapat melambungkan perusahaan. Pesaingnya adalah pemilik Air Asia, Tony Fernandes, yang baru-baru ini membeli pesawat Airbus di depan Perdana Menteri Inggris, David Cameron.


Keduanya berhasil membuat para politisi dunia bertekuk lutut, namun memiliki kepribadian yang berbeda. Fernandes senang menjadi pusat perhatian orang dengan mengakusisi tim olahraga dan sering berkicau di
Twitter
. Sedangkan Rusdi Kirana dikenal jarang tampil di media massa. "Saya fokus dan berjuang di pasar," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya