Perbanas: Tabungan Perumahan Hanya Bagian Kecil Kewajiban Negara

Pemerintah Targetkan FLPP 127.000 Unit Pada 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat berencana mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) pada Juli mendatang.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Hal ini akan menjadi payung hukum untuk menghadirkan produk tabungan yang dapat membantu pekerja memperoleh rumah murah dengan cara mudah.

Ketua Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono, menyatakan bahwa Tapera diharapkan mampu mengatur dan menjamin ketersediaan fisik perumahan untuk rakyat.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

"Tapera ini baru bagian terkecil saja dari kewajiban negara untuk menyediakan perumahan rakyat. Perlu cetak biru atau roadmap yang jelas," ujar Sigit di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 20 Maret 2013.

Menurut Sigit, peranan dari para pengembang dalam hal ini penting. Untuk itu, kewajiban para pengembang juga perlu diatur dalam undang-undang, sehingga jangan sampai ketika dana sudah terkumpul justru kepemilikan rumah rakyat sulit diwujudkan.

"Ini harus bisa menggerakkan ketersediaan perumahan untuk rakyat. Dari RUU, belum ada jaminan nanti siapa yang akan menyediakan perumahannya. Jadi, ini baru dari sisi dananya saja. Tapi fisik dari rumahnya sendiri, siapa yang tanggung jawab, ini lebih kompleks," kata Sigit.

Selain itu, menurut Sigit, perlu juga ditegaskan apakah perusahaaan yang telah menyediakan fasilitas kredit atau pinjaman lunak untuk perumahan pegawainya perlu untuk diwajibkan mengikuti program Tapera atau tidak.

Sebab, lanjutnya, tujuan utama dari Tapera adalah memberikan fasilitas perumahan bagi masyarakat yang belum mendapat mendapatkan fasilitas tersebut. Sementara itu, di sisi lain, bagi para pekerja yang ingin menjadi peserta Tapera disyaratkan memiliki penghasilan minimum setara dengan upah minimum provinsi.

"Harus dipahami dengan penelitian yang mendalam kebutuhan dari perumahaan rakyat ini. Juga perlu simulasi dari pengumpulan pendanaan dan penggunaannya," kata Sigit. (asp)

Profil Aura Jeixy, Pro Player PUBG yang Ditangkap Terkait Kasus Narkoba dengan Chandrika Chika
Bumi dan Bulan.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Investigasi menyeluruh yang dilakukan para ilmuwan menyebutkan bahwa inti Bulan sebenarnya adalah bola padat dengan kepadatan serupa dengan besi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024