Jero Wacik: BBM Bersubsidi Siap Dialirkan Lagi ke Pelabuhan

Dahlan Iskan Penuhi Panggilan DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, memastikan bahwa bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dapat dikonsumsi para pemilik truk angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Jero bahkan memastikan bahwa distribusi BBM bersubsidi ke Tanjung Perak akan diadakan untuk menjawab sumber permasalahan para supir truk yang melakukan aksi mogok operasi hari ini karena memprotes Peraturan Menteri ESDM nomor 1 Tahun 2013 tentang Pengendalian BBM.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Keputusan ini didapatkan setelah rapat bersama Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Pertamina, dan Organda.

"Saya sudah memerintahkan kepada Pertamina untuk mulai mengalirkan BBM bersubsidi lagi malam ini," ujar Jero dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu 20 Maret 2013.

Menurut Jero, Peraturan Menteri ESDM nomor 1 tahun 2013 ini hanya melarang penggunaan BBM Bersubsidi di tingkatan hulu saja bukan di hilir seperti pelabuhan.

"Ini mungkin juga disalahartikan atau ada miss interpretasi karena seharusnya sektor hilir seperti pelabuhan tidak diatur dalam permen ini," kata Jero.

Pertamina, lanjut Jero, memang tidak mendistribusikan BBM bersubsidi ke pelabuhan berdasarkan surat edaran dari BPH Migas pada 2010 lalu. Untuk itu, BPH migas akan mencabut surat edaran tersebut.

Menurut Jero, surat edaran itu seharusnya sudah tidak berlaku karena sudah ada Peraturan Menteri ESDM.

Jero mengharapkan, dengan dialirkan lagi BBM bersubsidi ini kegiatan perekonomian di Jawa Timur bisa berjalan normal kembali. Sebab, aksi mogok yang dilakukan truk angkutan hari ini menyebabkan kerugian dan mengganngu jadwal keberangkatan kapal sandar. (asp)

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024