BISNIS

PGN Sanggupi Pipa 90 Km di Proyek Distribusi BItung-Cimanggis

Pipa baja dipasok dengan nilai lebih dari US$36 juta.

ddd
Minggu, 24 Maret 2013, 15:20
Produksi gas.
Produksi gas. (Antara/Prasetyo Utomo)

VIVAnews - Perusahan Gas Negara (PGN) telah menandatangani pengadaan pipa baja untuk jaringan distribusi Bitung-Cimanggis (Ringline 2) sepanjang 90 km sebagai wujud tindak lanjut terhadap komitmen dalam mengembangkan infrastruktur gas bumi khususnya di wilayah Jawa Bagian Barat pada Kamis, 20 Maret 2013 lalu.

"Pengadaan pipa ini merupakan bukti PGN terus bekerja keras secara maraton untuk mempercepat perluasan infrastruktur gas bumi dalam rangka peningkatan pemanfaatan gas bumi di Jawa Bagian Barat dan juga bukti komitmen PGN sebagai garda depan transformasi BBM ke gas bumi," ujar Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN, Djoko Saputro, dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews, Minggu 24 Maret 2013.

Pipa baja diameter pipa 24 inchi dipasok dengan senilai lebih dari US$36 juta oleh KSO PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk, PT KHI Pipe Industries, dan PT Indal Steel Pipe.

Bersamaan dengan proyek tersebut, saat ini PGN juga masih dalam proses penyelesaian proyek pembangunan jaringan distribusi Cikande–Bitung (CP3B). Jaringan ini merupakan bagian dari distribusi Bojonegara-Bitung, dimana distribusi Bojonegara–Cikande (CP3A) telah
beroperasi tahun lalu.

Menurut Djoko, saat ini PGN telah menyelesaikan konstruksi CP3B lebih dari 55 persen.  Penyelesaian kedua jalur tersebut akan memperluas jangkauan penyaluran gas bumi dari pipa transmisi SSWJ yang mengalir ke pelanggan melalui Stasiun Bojonegara. Seperti diketahui sumber gas dari pipa transmisi SSWJ ke Jawa Bagian Barat dialirkan melalui dua stasiun, yaitu Bojonegara dan Muara Bekasi.

Proyek distribusi Bitung-Cimanggis, menurut Djoko,  merupakan kelanjutan kedua jaringan distribusi utama yang akan menghubungkan dengan jaringan distribusi yang telah beroperasi dari Muara Bekasi-Cimanggis. Jaringan distribusi dari Bojonegara-Cimanggis ini nanti akan dapat menyalurkan gas bumi dengan kapasitas maksimum sampai 216 MMMSCFD dengan penyaluran melalui offtake Cikande dan Bitung sebesar 148 MMSCFD dan penyaluran ke pipeline Bitung–Cimanggis sebesar 68 MMSCFD.

"Jaringan-jaringan ini mempunyai nilai strategis dalam meningkatkan kehandalan penyaluran gas di jaringan distribusi Jawa Bagian Barat, yang meliputi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat serta dapat menjangkau pasar-pasar baru," kata Djoko.

Hal ini, lanjut Djoko, sejalan dengan komitmen untuk
melayani dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta bukti nyata kontribusi PGN dalam menjalankan amanah pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur gas bumi. (ren)

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id