Juni, Bunga KPR Bakal Turun Jadi 11 Persen

VIVAnews - Pakar properti, Panangian Simanungkalit memperkirakan suku bunga kredit kepemilikan rumah akan berangsur terus menurun. Pada Juni 2009, suku bunga KPR diperkirakan akan turun di kisaran 11 persen.

"Penurunan suku bunga akan mencapai puncaknya pada Juni 2009," ujar Panangian di Jakarta, 11 Maret 2009.

Pada saat itu, inflasi tahunan diperkirakan sudah turun di kisaran 6 persen sehingga BI akan menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate hingga di level 7 persen. Saat ini, BI Rate sudah terus menurun, tapi masih di level 7,75 persen.

Dengan BI Rate 7 persen, menurut dia, suku bunga KPR bisa turun ke level 11 persen. Saat ini, bunga KPR masih berada di kisaran 13 - 16,5 persen.

Selain itu, Panangian juga menyarankan calon investor juga memperhatikan tren suku bunga jangka panjang. Jika prediksi suku bunga akan naik dalam lima tahun, sebaiknya calon investor mengambil pinjaman KPR dengan suku bunga tetap.

Sedangkan jika suku bunga diperkirakan menurun dalam lima tahun sistem pembiayaan kredit rumah dengan suku bunga mengambang.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN
VIVA Militer: Tentara Israel geruduk Rumah Sakit al-Shifa Gaza

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Operasi tentara Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah telah mengakibatkan 520 orang tewas, terluka dan hilang dalam waktu seminggu, kata kantor media Gaza.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024