3.000 Rumah untuk Pekerja Dibangun di Jawa Timur

Pemerintah Targetkan FLPP 127.000 Unit Pada 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Wakil Ketua DPD Bidang Hukum Pertanahan dan Perizinan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Budi Haryanto, menyatakan bahwa pembangunan 3.000 rumah yang khusus diperuntukkan bagi para pekerja akan mulai dilakukan di Jawa Timur pada 2013.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Untuk tahap pertama kami akan membangun 528 unit di Singosari, Jawa Timur," ujar Budi kepada
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
VIVAnews di Jakarta, Senin 1 April 2013.


Budi, yang juga menjabat sebagai direktur utama PT Sinar Bakti Sejahtera ini menjelaskan, saat ini, Apersi telah menguasai lahan seluas 16 hektare yang akan dipakai untuk pengembangan perumahan tahap pertama itu. Untuk memenuhi kebutuhan sekitar 3.000 rumah, Apersi membutuhkan lahan sekitar 41 hektare.


Menurut Budi, pengadaan rumah ini bekerja sama dengan perusahaan di Jawa Timur dengan jumlah karyawan yang besar dan menjadi peserta Jamsostek untuk membantu pembayaran uang muka.


Untuk tahap pertama, Apersi telah bekerja sama dengan PT Yamaha Music Production Indonesia. Yamaha berpotensi ikut serta hingga 4.000 pekerja.


"Akan ada dua perumahan yakni Permata Raci Indah sebanyak 400 unit dan juga Permata Bangil Residence sebanyak 158 unit," katanya.


Rumah-rumah itu, Budi melanjutkan, akan menggunakan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari Kementerian Perumahan Rakyat dan akan ditekan harganya hingga mencapai Rp88 juta.


"Angsuran rumahnya akan amat murah, hanya Rp630 ribu per bulan," kata Budi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya