BISNIS

Antisipasi Kebijakan Bank Sentral Jepang, Nikkei Rebound

Pasar menantikan komitmen Kuroda meningkatkan pembelian aset negara.

ddd
Rabu, 3 April 2013, 08:58
Bursa saham di Tokyo.
Bursa saham di Tokyo. (REUTERS/Yuriko Nakao)
VIVAnews - Indeks Nikkei 225 dibuka menguat pada perdagangan Rabu 3 April 2013. Kenaikan ini ditengarai sebagai sambutan positif terhadap upaya Bank Sentral Jepang yang memulai pertemuan untuk pembahasan dan perumusan kebijakan baru hari ini.

Pagi ini, indeks acuan di bursa Jepang itu sudah menguat ke level 12.208,19 atau terangkat 204,76 poin (1,71 persen).

Seperti diberitakan cnbc.com, indeks Nikkei mulai bergerak naik (rebound), setelah  mencapai posisi rendah dalam kurun sebulan terakhir. Jepang sedang menantikan komitmen Gubernur Bank Sentral yang baru, Haruhiko Kuroda, terkait kebijakan untuk meningkatkan pembelian aset negara.

Kekecewaan bisa menggagalkan indeks Nikkei 225 memperoleh keuntungan yang telah reli sekitar 39 persen pada kuartal pertama 2013.

Nilai tukar yen juga akan menjadi fokus pembahasan dalam pertemuan itu. Saat ini, yen diperdagangkan pada level 93 per dolar AS.

Sementara itu, Kospi yang merupakan acuan indeks di bursa saham Korea Selatan juga naik 0,3 persen. Indeks S&P ASX 200 di bursa saham Australia juga sedang mendekati level 5.000.

Indeks S&P ASX 200 terpengaruh sentimen positif aktivitas di bursa Wall Street, Amerika Serikat, pada perdagangan Selasa. Indeks Dow Jones maupun S&P 500 pada perdagangan kemarin ditutup pada rekor tertinggi baru, masing-masing di level 14.662 dan 1.570, ditopang oleh keuntungan di sektor kesehatan.

Selanjutnya, indeks saham di beberapa bursa Eropa juga dilaporkan menguat, didorong oleh keuntungan di sektor telekomunikasi. Namun, investor menghadapi risiko ketegangan baru di Siprus, menyusul pengunduran diri Menteri Keuangan Siprus, Michael Sarris. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com