Jero Wacik: Susah Ajak Masyarakat Menghemat BBM

Menteri ESDM Jero Wacik
Sumber :
  • ANTARA/Hum-SDM
VIVAnews
Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS
- Kuota bahan bakar minyak bersubsidi terus jebol. Selama 2013, sebulan, kelebihan kuota rata-rata sebesar 6 persen. Tak tertutup kemungkinan besaran angka itu akan terus bertambah jika pengendalian BBM tidak segera dilakukan.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan, kondisi ini terjadi karena kebijakan pengendalian konsumsi BBM yang dilakukan saat ini tak mampu mengimbangi pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia yang amat pesat.
Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang


"Program pembatasan hampir semua berjalan, tapi tidak semua efektif," ujar Jero di kantor kementerian koordinator bidang perekonomian, Jakarta, Kamis 4 April 2013.


Selain itu, menurut Jero, pemerintah tidak bisa seratus persen disalahkan dalam situasi ini. Sebab, kesadaran masyarakat pun masih lemah dalam mendukung kebijakan pemerintah. "Ya hampir sebagian besar diajak menghemat susah," kata Jero.


Jero turut menyayangkan kuota BBM bersubsidi bulanan yang jebol dalam jumlah cukup besar itu. Apalagi penikmat BBM bersubsidi masih dari kalangan yang mampu. "Survei kami mengatakan, yang mendapat subsidi orang menegah atas, 77 persen. Sehingga Rp300 triliun itu tersedot untuk orang-orang mampu," kata Jero. (umi)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya