BISNIS

Kereta Bandara Kuala Namu Siap Beroperasi

Pengoperasian kereta akan bersamaan dengan beroperasinya bandara.
Kamis, 4 April 2013
Oleh : Iwan Kurniawan, Arie Dwi Budiawati
Kereta Api Bandara Kualanamu
VIVAnews - Kementerian Perhubungan menyatakan jalur kereta api Bandara Kuala Namu-Medan telah siap beroperasi. Dua rangkaian kereta api siap melayani para penumpang pesawat di bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta itu.

"Sistem sudah disiapkan. Anytime bandara itu beroperasi, jalur itu bisa dioperasikan," kata Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, di Jakarta, Kamis 4 April 2013.

Bambang menjelaskan, kereta bandara tersebut akan menjadi solusi akses ke Bandara Kuala Namu, mengingat jalan tol menuju bandara yang terletak di Sumatera Utara tersebut belum juga selesai dikerjakan.

Ia menjelaskan, Bandara Kuala Namu akan tetap beroperasi tahun ini, walaupun masih ada hambatan berupa akses bandara. "Kami tidak mau setengah-setengah. Masak terus 'akan beroperasi'? Kami ingin tahun ini," kata dia.

KA Bandara ini melewati jalur dari Stasiun Medan–Aras Kabu–Kuala Namu. Jalur yang dilalui sebagian merupakan jalur yang sudah ada, yaitu dari Stasiun Medan sampai dengan Stasiun Aras Kabu, dan sisanya dari Aras Kabu ke Bandara Kuala Namu adalah jalur baru. (art)
TERKAIT
TERPOPULER