BISNIS

Selain Daging, Bulog Kendalikan Produk Hortikultura

Bulog dinilai mampu menjalankan stabilisasi harga komoditas.

ddd
Jum'at, 5 April 2013, 22:04
Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa (tengah)
Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa (tengah) (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
VIVAnews - Fungsi Badan Urusan Logistik (Bulog) sebagai instansi pengendali harga komoditas pangan, sudah lama hilang. Kini, tugas perusahaan pelat merah mulai "dihidupkan" pemerintah.

"Kami meminta Bulog untuk mempersiapkan diri untuk penugasan lain, seperti daging dan produk hortikultura," kata Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 5 April 2013.

Pada era Orde Baru, Bulog mengendalikan sembilan bahan pangan pokok. Namun, fungsi ini dihilangkan karena ada liberalisasi dari International Monetary Fund (IMF). "Itu, kan, dihapuskan karena rekomendasi dari IMF dulu," kata Hatta.

Alasan pemerintah mulai mempercayai Bulog adalah Bulog dinilai mampu untuk melaksanakan tugasnya. "Bulog mampu menjalankan stabilisasi dengan diberikan hak impor dari Kementerian Perdagangan," kata dia.

Dengan kembalinya fungsi Bulog sebagai stabilitator harga pangan, Hatta berjanji pihak swasta bisa berpeluang untuk ikut serta. "Peran Bulog memang ada sewaktu-waktu harga pasar sedang bergejolak. Namun, peran ini juga tidak tertutup bagi swasta," kata dia.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
romychan
06/04/2013
importir holtikultural bs dibikin bangkrut oleh peraturan mendag & bea cukai. Bayangkan aja sekian ratus kontener berisi buah & sayur tertahan dipelabuhan dari jan sanpai kini.Apa kata dunia ?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id