BISNIS

Kadin: Relokasi 90 Perusahaan Berarti Pemerataan Ekonomi

Daerah lain akan berlomba menawarkan suasana nyaman bagi investasi.

ddd
Senin, 8 April 2013, 18:05
Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto (Kiri) bersama Wakil Ketua Umum Kadin, Anindya Bakrie.
Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto (Kiri) bersama Wakil Ketua Umum Kadin, Anindya Bakrie. (VIVAnews/ Muhamad Solihin)
VIVAnews - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Suryo Bambang Sulisto, memaklumi pilihan langkah puluhan perusahaan untuk merelokasi pabriknya dari Jakarta ke wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sebab, bagi sebagian pengusaha dampak kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) memang dapat menurunkan tingkat keuntungannya.

"Dengan UMP itu, tidak begitu menguntungkan," ujar Suryo  di Jakarta, Senin 8 April 2013.

Meski begitu, menurut Suryo, pemindahan pabrik ini bisa berpengaruh positif bagi pembangunan daerah. "Kan ini berarti pemerataan ekonomi juga, ini dampak yang positif menurut saya." kata Suryo.

Selain itu, lanjut Suryo, diperkirakan hal ini akan mengubah tingkat persaingan provinsi dalam memberikan pelayanan dan suasana yang nyaman bagi investasi dan keberlangsungan usaha.

"Nanti daerah lain akan menyatakan, 'sini datang saja ke daerah kami, lebih menarik di sini," kata Suryo.

Lapangan kerja yang baik juga akan tercipta di luar Jakarta, meski mungkin tidak sebesar yang diharapkan. "Jadi ini persaingan yang sehat dan pemerataan," kata suryo.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, mengatakan, akan ada 90 perusahaan yang memastikan untuk merelokasi pabriknya dari Jakarta dan sekitarnya ke Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Sudah ada 90 perusahaan yang confirm dan bilang ke saya akan pindah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Sofjan ketika ditemui di Jakarta, Senin 18 Maret 2013. Selengkapnya baca di sini. (eh)






© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
babi-ngepet
08/04/2013
NANTI didaerah dinaikan UMP gimana???
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com