Menkeu: Pemilu Dongkrak 0,2 Persen Ekonomi RI

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengungkapkan, gelaran pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) pada tahun depan bisa mendorong perekonomian Indonesia sebesar 0,2 persen.

Agus menjelaskan, hal tersebut dapat terjadi karena roda ekonomi berputar lebih cepat karena gelaran tersebut menggerakkan sektor rill.

"Kita bersyukur, ada pemilu tahun depan. Biasanya, pemilu ada tambahan ekonomi 0,2 persen karena ada spanduk-spanduk yang banyak," ujarnya di Jakarta, Selasaa 9 April 2013.

Agus optimistis, pemilu tahun depan akan berjalan dengan baik. Apalagi, pendataan penduduk sudah menggunakan E-KTP sehingga akurasi dapat terukur. "E-KTP akan didukung oleh NIK (Nomer Induk Kependudukan), jadi sejak lahir sudah ada NIK, juga sudah ada NPWP," kata gubernur Bank Indonesia terpilih ini.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dinamika politik di dalam negeri dalam dua tahun ke depan dimulai dari proses tahapan Pemilu 2014 bulan ini.

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Namun, SBY memerintahkan seluruh jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II untuk menjaga perekonomian negara.

"Di sisi lain, harus kelola politik dalam negeri, karena memang ada kaitannya dengan penyuksesan pembangunan ekonomi. Pada tingkat perencanaan dan kebijakan dasar pilihannya sampai dengan tingkat RKP (Rencana Kerja Pemerintah) dan APBN juga harus benar," kata SBY, saat membuka rapat kabinet di Kantor Presiden, Jakarta, akhir pekan lalu.

SBY mengatakan, dua tahun ini merupakan pembangunan ekonomi yang paling penting dan menentukan bagi Indonesia. Seperti diketahui, resesi ekonomi dunia masih akan terjadi. Untuk itu, situasi seperti ini akan memberikan tekanan yang nyata bagi perekonomian negara. Utamanya pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Presiden juga meminta agar pejabat pemerintah harus mampu mengelola perekonomian dari aspek pertumbuhan, stabilitas harga, aspek penciptaan lapangan kerja, bahkan aspek pengangguran dan juga kemiskinan, di tengah tekanan atau dampak negatif dari perekonomian dunia yang belum pulih. (asp)

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Superchallenge Supermoto Race 2024

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

Para penggemar balap supermoto di Tanah Air boleh bersiap, pasalnya ajang adu cepat supermoto bergengsi, Superchallenge Supermoto Race 2024 Seri Kejurnas bergulir

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024