Tutup Semburan Prabumulih, Pertamina Siapkan Bor Miring

semburan lumpur prabumulih
Sumber :
  • ANTARA/Feny Selly
VIVAnews
Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun
- PT Pertamina EP tengah menyiapkan pemboran miring untuk menutup semburan gas yang disertai material bawah tanah dari sumur TLJ 25 INF di Sukaraja, Prabumulih, Sumatera Selatan.
Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England

"Kami akan menggunakan sumur TLJ 157 untuk pemboran miring pada lapisan layer yang sama ke pusat
Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal
kick di sumur TLJ 25 INF," kata juru bicara Pertamina EP Agus Amperianto.


Agus mengatakan, pemboran miring ini akan dilakukan pada interval kedalaman 292-304 meter.


Pengeboran miring merupakan upaya lanjutan untuk mengurangi tekanan gas yang ke luar dari sumur TLJ 25 INF. Selanjutnya secara simultan juga dilakukan injeksi lumpur berat. Progress pekerjaan persiapan sumur TLJ 157 telah mencapai 85 persen, sehingga pengerjaannya bisa dilakukan hari ini.


Upaya lain yang terus dilakukan Pertamina EP saat ini adalah mengurai tekanan gas yang keluar dengan cara
water jetting
, yaitu menyemprot airĀ  bertekanan tinggi untuk mengurangi efek
kick
dari bawah, dan dilakukan lubrikasi secara terus menerus pada sumur itu.


Berdasarkan hasil pemantauan udara yang dilakukan tim Pertamina EP didapati bahwa gas pada radius 300 - 500 meter dalam status aman, sehingga masyarakat yang berada pada radius itu diperbolehkan beraktivitas seperti biasa.


Sedangkan untuk tingkat kebisingan pada radius yang sama menunjukkan tren penurunan dengan angka kebisingan sekitar 60 sampai dengan 80 desibel.


Sementara itu kondisi mayoritas warga dalam penampungan terpantau dalam keadaan sehat, dan berdasarkan data kunjungan ke posko kesehatan ada beberapa keluhan warga seperti sakit kepala, gatal-gatal dan diare. Namun demikian semua keluhan telah ditangani oleh tim medis Pertamina EP.


Guna menjaga psikologis warga selama dalam lokasi penampungan, diadakan kegiatan yang bersifat menghibur seperti tausiyah agama, layar tancap, lomba untuk anak-anak, dan bimbingan belajar bagi anak - anak usia sekolah. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya