BLT Ditolak, ESDM Cari Kompensasi Jika Harga BBM Naik

Kunjungan Menteri ESDM Jero Wacik Ke Depo Plumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan tetap memberikan kompensasi, apabila harga bahan bakar minyak bersubsidi tetap dinaikkan. Kementerian tengah mencari berbagai alternatif untuk kompensasi itu.
Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

"Kami sedang mencari jenis kompensasi, entah itu berupa beras untuk rakyat miskin atau beasiswa. Yang penting, masyarakat tidak terkena dampak kenaikan harga BBM," kata Menteri ESDM, Jero Wacik, saat ditemui di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 10 April 2013.
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Jero mengaku bahwa rencana pemberian bantuan langsung tunai atau BLT kepada masyarakat kurang mampu ditolak Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, pihaknya terus mengupayakan kompensasi kepada mereka, karena itu telah diamanatkan undang-undang.
Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

"Jadi, tetap ada subsidi bagi rakyat miskin. Dalam undang-undang disebutkan bahwa negara melindungi rakyat yang kurang mampu," kata dia.

Solar Langka
Jero juga mengomentari kelangkaan solar di berbagai daerah. Menurut dia, tidak ada solar langka, tetapi solar bersubsidi yang langka.

Untuk mengatasi masalah ini, mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ini meminta PT Pertamina segera mengeluarkan solar nonsubsidi di daerah-daerah itu. Dia juga memperingatkan pengusaha untuk tidak menggunakan solar bersubsidi, karena solar bersubsidi itu digunakan bagi masyarakat miskin.

"Kalau pengusaha kaya menengah, beli lah solar nonsubsidi. Pengusaha, kok, mintanya solar bersubsidi. Bisa-bisa dia dapat untung banyak nanti," kata Jero. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya