BISNIS

10 Syarat Pembangunan Smelter di Indonesia

10 syarat dilakukan pemerintah China menggalakkan industri smelter.

ddd
Rabu, 10 April 2013, 13:59
Kegiatan di dalam smelter.
Kegiatan di dalam smelter. (Guardian)
VIVAnews - Asosiasi Pertambangan Indonesia (Indonesia Mining Association/API-IMA) menilai untuk membangun pengolahan barang tambang (smelter), ada 10 syarat yang harus disiapkan oleh pemerintah, apa saja?

Ketua IMA, Martiono Hadianto menyatakan 10 syarat ini belajar dari tumbuhnya industri smelter di China. syarat pertama adalah kemudahan untuk akuisisi lahan tempat smelter. "Sudah menjadi rahasia umum, di Indonesia setiap kali ada proyek di daerah tersebut harga tanah melonjak mahal," katanya, Rabu 10 April 2013.

Syarat kedua dan ketiga adalah biaya yang murah untuk rekayasa kontruksi serta peralatan konstruksi smelter harus dapat disuplai dari domestik. Menurutnya, untuk membangun smelter di Indonesia saat ini masih tergantung dari kontraktor luar negeri serta impor barang-barang produksi.

Syarat keempat adalah kemudahan akses pembiayaan yang super murah. Untuk membangun satu smelter dibutuhkan investasi US$1,2-2 miliar. Sedangkan bank domestik saat ini hanya mampu memberikan pinjaman US$200 juta per proyek.

Syarat kelima adalah membutuhkan upah buruh yang murah untuk membangun dan mengoperasikan smelter. Sedangkan syarat keenam adalah dibutuhkan pertumbuhan domestik yang tinggi untuk hasil produk smelter.

Syarat selanjutnya adalah membutuhkan infrastruktur yang menunjang smelter, dari pelabuhan, kereta agar investasi smelter tidak terlalu besar. Pasokan listrik yang besar, stabil dan murah juga dibutuhkan untuk menekan biaya operasional smelter agar dapat bersaing.

Syarat kesembilan dan kesepuluh adalah persyaratan lingkungan yang harus diperlonggar dan pengurangan dana CSR karena membangun smelter membutuhkan dana besar dalam jangka panjang.

Pemerintah China, katanya, telah melaksanakan 10 syarat tersebut dan hasilnya saat ini di China berkembang industri smelter. "Dari 10 syarat tersebut, baru syarat upah buruh murah yang tersedia di Indonesia," katanya. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id