Stok Perumahan Baru di AS Meningkat

beli rumah
Sumber :
  • dok. Corbis
VIVAnews - Persediaan rumah baru di Amerika Serikat naik moderat selama Maret 2013, sehingga memberikan harapan kepada calon pembeli baru yang terlihat meningkat.
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Menurut data yang dikumpulkan Realtor.com, seperti dikutip dari laman Wallstreet Journal, 11 April 2013, jumlah rumah yang terdaftar untuk dijual pada Maret melonjak 2,4 persen dari Februari, dan meningkat sebesar 3,5 persen dari Januari 2013.
Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Stok hunian biasanya meningkat pada musim semi, sebagai tanda dimulainya musim puncak penjualan properti. Saat ini, terjadi kenaikan sekitar dua persen untuk Januari hingga Maret dari tahun sebelumnya. Namun, persediaan rumah masih 15 persen di bawah level yang berhasil dicapai tahun lalu.
Susunan Pemain Indonesia Vs Hong Kong di Uber Cup 2024

Stok rumah Maret lalu terlihat naik hampir 14 persen di Kota San Francisco, meskipun secara keseluruhan masih turun sekitar 38 persen dari tahun lalu. 

Kota-kota lain yang mengalami peningkatan besar akan persediaan rumah secara bulanan, termasuk Washington DC dan Atlanta, masing-masing naik sekitar sembilan persen. Sementara itu, Boston dan Philadelphia meningkat hampir delapan persen.

Kota yang mengalami penurunan persediaan rumah di antaranya Orange County, California sebesar 13 persen, atau turun hampir 58 persen dari tahun lalu. Sementara itu, Los Angeles membukukan penurunan bulanan hampir empat persen.

Penurunan tersebut, selama dua tahun terakhir ini, terjadi karena bank lambat dalam melakukan penyitaan, investor memilih hunian untuk disewakan, dan calon penjual bertahan selama harga belum naik tinggi. 

Selain itu, melonjaknya permintaan hunian baru, karena terdorong suku bunga kredit pemilikan rumah yang rendah, sehingga membuat pembelian rumah sangat terjangkau.

Secara nasional, sebagian besar harga bergerak mendatar selama periode Maret lalu, namun naik di 29 dari 30 kota utama di AS. Tercatat, harga naik hampir 14 persen di Los Angeles, sembilan persen di Orange County, California, dan enam persen di Detroit dan Jacksonville, Florida. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya