Pertamina Tambah SPBU BBM Non Subsidi

Kelangkaan pasokan BBM
Sumber :
  • ANTARA/Lucky.R

VIVAnews -  PT Pertamina meningkatkan jumlah outlet Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dapat melayani pembelian bahan bakar minyak (BBM) non subsidi untuk memastikan kebutuhan BBM masyarakat terpenuhi di tengah terbatasnya kuota BBM bersubsidi.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, mengatakan hingga saat ini jumlah SPBU yang dapat melayani pembelian BBM non subsidi sebanyak 3.711 unit untuk Pertamax/Plus dan 952 diantaranya juga menyediakan solar non subsidi/DEX.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Peningkatan jumlah outlet SPBU layanan BBM non subsidi ini faktor penting untuk mengantisipasi terbatasnya kuota BBM subsidi yang telah ditetapkan dalam APBN 2013, khususnya untuk solar subsidi," ujar Hanung dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews, Minggu 14 April 2013.

Pertamina juga telah menyiapkan Mobile Agent yang menjual solar non subsidi sejumlah 110 unit dan 9 APMS solar non subsdidi yang tersebar di semua Unit Pemasaran Pertamina.

Menurut Hanung, stok BBM non subsidi saat ini cukup melimpah. Sesuai penugasan Pemerintah, kuota Solar bersubsidi yang menjadi tanggung jawab Pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun lalu, dari sebesar 15,56 juta KL turun menjadi 14,28 juta KL tahun ini.

Hal ini berakibat pada pada turunnya kuota Solar bersubsidi di daerah-daerah. Hingga kuartal I 2013, penyaluran Solar bersubidi di hampir seluruh propinsi mengalami telah melebihi kuota yang rata-rata secara nasional mencapai 5,2 persen.

Tidak ada masalah dengan Stok BBM di Pertamina. Bahkan, menurut Hanung, stok solar saat ini mencapai 26 hari.

Namun, lanjut Hanung, yang harus disadari oleh masyarakat bahwa Solar bersubsidi kuotanya telah ditetapkan dalam APBN. "Sehingga penyalurannya harus terus dijaga supaya cukup sampai dengan akhir tahun 2013," kata Hanung.

Meski demikian, Pertamina menyediakan lebih banyak outlet dan stok untuk solar non subsidi. "Diharapkan masyarakat, terutama kendaraan yang telah diatur dalam Permen ESDM Nomor 1/2013, dapat menggunakan Solar non subsidi di outlet-outlet yang telah disediakan," kata Hanung.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024