Ini Kata Bank Indonesia Terkait Dua Harga Premium

Kelangkaan pasokan BBM.
Sumber :
  • ANTARA/Lucky.R
VIVAnews -
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
Bank Indonesia menyatakan dampak inflasi dari dua harga BBM bersubsidi jenis premium akan lebih rendah dari menaikkan harga premium secara keseluruhan. Kenaikan harga BBM subsidi untuk mobil pribadi hanya berdampak untuk masyarakat kelas tertentu.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Jika harga BBM, khususnya premium, untuk mobil pribadi sebesar Rp7.000 per liter maka dampak terhadap inflasi lebih rendah, tapi untuk angkanya saya lupa," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Jakarta, Senin 15 April 2013.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit


Perry menjelaskan, siap mengkaji lebih dalam lagi jika pemerintah telah menetapkan satu dari tiga opsi pengendalian BBM. BI, katanya, sedang menunggu dan menganalisa beberapa skenario yang sedang dibahas pemerintah untuk mengendalikan BBM subsidi.


Ditempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengaku sudah mempersiapkan simulasi dan perhitungan jika terjadi pengendalian harga BBM. Namun, pihaknya belum mau menjelaskan secara detail mengenai rencana simulasi tersebut.


"Semuanya sudah disimulasi, kita sudah persiapkan seperti apa perhitungannya, apa langkah yang perlu diambil. Jadi tunggu saja," katanya.


Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, telah mengerucutkan tiga opsi pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi menjadi satu opsi. Pemerintah akan memberlakukan dua harga premium dan akan menyiapkan SPBU khusus untuk orang kaya. (eh)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya