Wacik: Harga Premium Naik, Kalangan Mampu Tetap Disubsidi

Menteri ESDM Jero Wacik
Sumber :
  • ANTARA/Hum-SDM

VIVAnews - Pemerintah berencana untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium untuk mobil pribadi menjadi Rp6.500 per liter. Namun, pemerintah tetap akan memberikan subsidi dengan kenaikan harga itu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, di Jakarta, Rabu 17 April 2013, menjelaskan, dengan harga itu, pemerintah hanya mengurangi subsidi sebesar Rp2.000 per liter kepada masyarakat kalangan mampu.

"Jadi, kelompok menengah atas masih disubsidi Rp3.000, sedangkan menengah bawah disubsidi Rp5.000," ujar Wacik di kompleks Istana Kepresidenan.

Wacik menambahkan, harga keekonomian premium saat ini telah mencapai Rp9.500 per liter. Namun, Presiden keberatan jika harga premium dipatok di level itu.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Untuk itu, dia menjelaskan, pemerintah pun mengkaji implementasi kenaikan harga BBM di level Rp6.500 bagi mobil pribadi. "Begitu nanti Presiden merasa yakin implementasinya ke bawah sudah rapi, beliau akan putuskan," kata Wacik. (art)

Baca juga:

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024