Menteri Hidayat: Pindah Itu Skenario Terburuk 90 Perusahaan

MS Hidayat dan Gita Wirjawan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews -
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Menteri Perindustrian, MS Hidayat, di Jakarta, Sabtu 20 April 2013, mengungkapkan, rencana kepindahan ke luar Jakarta merupakan skenario terburuk yang dihadapi oleh para perusahaan tersebut.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Ini, jika memang tidak ada keringanan bagi mereka," kata Hidayat kepada
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
VIVAnews .


Hidayat mengaku sudah menerima laporan mengenai 90 perusahaan itu. Namun, hingga saat ini, belum ada satu pun perusahaan yang benar-benar siap untuk pindah. Mereka, Hidayat melanjutkan, baru ancang-ancang jika tidak ada keringanan dari pemerintah.


Jika telah memutuskan untuk pindah pun, menurut Hidayat, mereka membutuhkan waktu lebih lama. Sebab, perusahaan yang disebut mempunyai karyawan 1.000 hingga 2.000 itu membutuhkan lokasi yang tepat.


"Mereka kan harus membeli tanah dan itu akan makan ongkos juga. Jadi, ini memang pilihan terakhir mereka," katanya.


Hidayat mengatakan, hampir semua industri yang mengancam pindah ini adalah industri padat karya. Pemerintah pun telah menyatakan bahwa industri padat karya merupakan industri prioritas yang harus diselamatkan, karena bisa menjadi harapan untuk pekerja Indonesia.


Di negara maju, imbuhnya, sektor ini sudah tidak ada karena direlokasi ke negara-negara yang masih sangat memerlukan seperti di Indonesia. "Jadi sektor ini harus dibantu dan dijaga agar tidak drop," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya