Mendikbud Lega Menkeu Setuju Cairkan Anggaran UN SD

Mendikbud M. Nuh
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan
VIVAnews
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Selasa 23 April 2013, membantah ada penggelembungan anggaran Ujian Nasional untuk tahun ini. Perubahan anggaran, menurut Nuh, telah disepakati oleh DPR.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, dalam APBN 2013 anggaran UN dipatok sebesar Rp543,45 miliar. Namun pada awal tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta tambahan anggaran sebesar Rp100,82 miliar. Dengan demikian, anggaran UN menjadi Rp 644,27 miliar.
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru


Usulan tambahan Rp100,82 miliar itu rencananya akan digunakan untuk UN tingkat SD yang digelar bulan Mei.


Nuh yang ditemui di kantor Wakil Presiden, Jakarta, menyambut baik langkah Kementerian Keuangan yang akan segera membuka blokir anggaran tambahan itu. "Sebentar lagi cair," ujar Nuh.


Menurut Nuh, pertemuan dan komunikasi dengan Pelaksana Tugas Menteri Keuangan Hatta Rajasa, menghasilkan keputusan untuk segera membuka blokir anggaran itu agar pelaksanaan UN tingkat SD dapat berjalan dengan baik.


Namun, Nuh tidak mau menjelaskan lebih rinci mengenai alasan pemblokiran anggaran itu.


"Ya macam-macemlah alasannya. Tapi yang penting segera ke luar, itu saja. Alasan bagi saya tidak begitu penting, yang penting keluarnya (anggaran) itu," kata Nuh.


Kemendikbud menjamin kendala pencairan anggaran UN tingkat SD ini tidak akan menjadi permasalahan dalam pelaksanaannya nanti. Karena, menurut Nuh, pemerintah daerah juga memiliki pos anggaran guna pembiayaannya di daerah.


"Provinsi sudah kami kirimkan uang dan mereka juga punya APBD, tidak akan pengaruh terhadap pelaksanaan UN SD nanti," kata Nuh. (umi)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya