Freeport Indonesia Tawarkan 10,64% Saham ke Pemerintah

Presiden Director PT Freeport Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - PT Freeport Indonesia menawarkan 10,64 persen sahamnya kepada pemerintah, sebagai salah satu bentuk renegosiasi Kontrak Karya. Jika proposal Freeport diterima,  pemerintah akan mempunyai 20 persen saham anak perusahaan Freeport McMoran tersebut.
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, Selasa 23 April 2013, menjelaskan sebenarnya Freeport telah mendivestasikan 20 persen sahamnya kepada nasional sesuai kontrak karya yang disepakati pada 1991 lalu.
Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Saham Freeport Indonesia waktu itu dimiliki oleh pemerintah Indonesia 10 persen dan Indocopper Investama. Namun, Indocopper dinyatakan gagal bayar oleh perbankan, membuat saham Freeport Indonesia yang dimiliki oleh Indocopper dibeli kembali oleh Freeport McMoran.
Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

"Sebenarnya Freeport Indonesia telah menjalankan divestasi sesuai Kontrak Karya," kata Rozik saat ditemui di kantornya.

Namun, pemerintah Indonesia melalui PP nomor 24 Tahun 2012 mewajibkan kepemilikan perusahaan tambang asing yang beroperasi di Indonesia untuk didivestasikan.

Untuk itu, Freeport Indonesia menawarkan 10,64 persen saham kepada pemerintah dengan harga pasar hingga 2021. Saat ini, saham pemerintah di Freeport sebesar 9,36 persen akibat terdilusi. 

Selain itu, Freeport juga akan mengkaji akan mendivestasikan sahamnya melalui pasar modal atau initial public offers (IPO). "Namun, itu sedang dipelajari dan belum ada yang konkret," katanya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya