Menteri Suswono Penuhi Undangan KPPU

Menteri Pertanian Suswono
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVAnews
Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran
- Menteri Pertanian, Suswono, akhirnya memenuhi undangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait keperluan memberikan penjelasan tentang kebijakan pembatasan impor produk hortikultura.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

Kepala Humas KPPU, Ahmad Junaidi, di kantor KPPU, Jakarta, Selasa 30 April 2013, menjelaskan, ini merupakan panggilan kedua terhadap Suswono. "Pak Menteri sudah datang," ujar Junaidi.
Begini Cara Klaim Perbaikan Suzuki Jimny 3 Pintu, Gratis!


Menurut Junaidi, KPPU perlu meminta penjelasan Suswono terkait kebijakan pemerintah dalam pembatasan impor sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 60 Tahun 2012 tentang Kebijakan Impor Produk Hortikultura.


"Kami hanya meminta keterangan beliau tentang kebijakan impor," kata Junaidi.


Menteri yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera itu datang pada pukul 13.45 WIB. Begitu tiba di KPPU, Suswono langsung masuk ke ruangan pemeriksaan di lantai dua tanpa berkomentar sepatah kata pun.


Sebelumnya, terkait adanya dugaan kartel bawang putih, KPPU telah memeriksa 50 importir bawang putih. Namun, KPPU belum menentukan importir yang akan dijadikan "terlapor". Terlapor adalah istilah yang digunakan KPPU untuk "tersangka."


"Ini masih dalam proses penyidikan. Pertengahan Mei nanti akan ada gelar laporan. Pada akhir Mei nanti akan ada yang menjadi terlapor," kata Junaidi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya