Penyaluran Kompensasi Kenaikan BBM Diberlakukan Kartu Tunggal

SBY JENGUK PUTRA PERTAMA IBAS-ALIYA, Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan, guna mengantisipasi terjadinya penyelewengan penyaluran kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah akan memberikan kartu tunggal untuk masyarakat yang berhak menerimanya.

Di kantornya, Jakarta, Kamis 2 Mei 2013, Hatta menjelaskan bahwa tim pemerintah yang mengkaji kompensasi kenaikan harga BBM telah memiliki data valid mengenai masyarakat yang akan menerimanya.

"Diupayakan satu kartu, tim sudah miliki data yang kuat sekitar 15,5 juta sasaran rumah tangga," ujar Hatta.

Kartu tungal itu, Hatta melanjutkan, nanti bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan seluruh fasilitas kompensasi yang diberikan seperti Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), penyaluran raskin, dan pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM).

"Nanti satu kartu untuk BLSM dan raskin misalnya," kata Hatta.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan bahwa kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akan diberlakukan oleh pemerintah, apabila anggaran dana kompensasi untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat miskin sudah tersedia dan disetujui parlemen.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Dalam sambutan pembukaan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta, Selasa 30 April 2013, SBY menjelaskan bahwa pemerintah memastikan perhitungan mengenai bantuan kepada masyarakat ini tepat dan sesuai dengan laju inflasi dampak kebijakan menaikkan harga BBM. Selengkapnya baca (art)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024