Bandara Soekarno-Hatta Bakal Punya Monorel

Replika monorel buatan PT Inka di Madiun
Sumber :
  • Alfin Tofler

VIVAnews - Manajemen PT Angkasa Pura II membenarkan jika saat ini perseroan tengah menjajaki kerja sama dengan PT Adhi Karya Tbk dan PT Industri Kereta Api (Inka) untuk membuat monorel. Moda transportasi massal itu akan melayani angkutan di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Direktur Utama AP II, Tri Sunoko, di sela peresmian replika monorel di Madiun, Senin 6 Mei 2013, mengatakan, monorel itu nantinya dapat dimanfaatkan oleh penumpang dan pegawai di sekitar bandara. Dalam pengoperasian monorel itu, Angkasa Pura II tidak memungut biaya sepeser pun.

Namun, dia menjelaskan, perseroan tetap membutuhkan dana agar pembuatan monorel dapat terealisasi. "Untuk itu, agar investasi kembali, kami akan naikkan airport tax," kata Tri.

Mengenai investasi, Tri hingga kini belum bisa memastikan berapa dana yang dibutuhkan. Tapi, dia optimistis monorel bandara akan bisa beroperasi pada akhir 2014 atau paling lambat awal 2015.

Tri berharap, monorel yang akan beroperasi mengelilingi bandara itu akan bisa dimulai pembangunannya pada tahun ini.

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Kiswodarmawan, menambahkan, perseroan hanya menawarkan proyek yang diperkirakan berguna bagi bandara terbesar di Indonesia itu.

"Kami kan mau buat monorel, jadi kenapa tidak ditawarkan sekaligus kepada Angkasa Pura," ujarnya.

Terkait pembangunan, menurut Kiswo --sapaan Kiswodarmawan, sepenuhnya akan bergantung kepada Angkasa Pura II selaku pemilik proyek. (eh)

Mobil-mobil terendam banjir di Dubai

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Momen seorang muazin di Dubai merubah lafadz ‘Hayya alas-solaah," yang berarti ‘marilah sholat’ menjadi, ‘Shollu fii rihalikum’ viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024