Wacik Paparkan Skema Kompensasi BBM Pekan Depan

Menteri ESDM Jero Wacik
Sumber :
  • ANTARA/Hum-SDM

VIVAnews - Pemerintah akan membahas rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin pekan depan, 13 Mei 2013.

Tentang hal itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, Senin 6 Mei 2013, menyatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan skema kompensasi atau bantuan langsung tunai (BLT) yang akan diberikan kepada warga miskin yang terkena dampak kenaikan harga BBM sesuai dengan efek inflasi yang terjadi. Hal inilah yang akan dibahas bersama DPR dalam rapat pekan depan itu.

"Berapa besar inflasinya, berapa besar efek kepada masyarakat tidak mampu, maka kompensasinya harus sesuai dengan itu," ujar Wacik di Kantor Presiden, Jakarta.

Jero mengakui bahwa BLT memang hanya bersifat sementara. "Jadi kalau terjadi dampak, di saat itulah diperlukan bantuan langsung, tidak perlu lama-lama. Kalau perlu enam bulan, begitu stabil ya sudah. Kan bantuan yang normal sudah ada. Ada beras miskin, itu berlanjut terus dan sekarang ditambah volumenya," papar Wacik.

Dalam rapat bersama DPR nanti, Wacik akan memberikan penjelasan gamblang untuk menepis isu bahwa penyerahan BLT ini sarat muatan politis. Dia membantah BLT merupakan bagian dari upaya politik praktis menjelang Pemilu 2014.

"Ini bukan politik. Karena ada kenaikan BBM, pasti ada dampak kepada yang miskin. Mari bersama-sama kita tanggulangi ini, kan anggota DPR juga dipilih rakyat. Kalau memang dicurigai BLT itu bermuatan poilitik, bareng-barenglah kita menyerahkan, kalau perlu semua bendera partai kita kibarkan," kata Wacik.

Penyaluran BLT nantinya, kata Wacik, tetap akan melalui kantor pos daerah setempat. Sebab, cara itu dinilai paling praktis dan pemerintah telah memiliki data warga miskin yang patut penerima penyaluran BLT.

Wacik menambahkan hasil rapat di DPR ini akan menentukan kapan waktu yang tepat memberlakukan kenaikan harga BBM.

"Saya tidak bisa menyebut kisaran harganya, pokoknya yang terbaik untuk melindungi warga miskin. Begitu DPR setuju, presiden siap. Kalau bisa lebih cepat, lebih baik," kata Wacik.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024