Melihat Monorel di Bandara Changi Singapura

Skytrain Bandara Changi, Airport
Sumber :
  • Globaltravelmate

VIVAnews - PT Angkasa Pura II berencana untuk membangun monorel untuk melayani Cara ini, mengingatkan kepada Changi Airport Skytrain, Singapura.

Dikutip dari laman resmi Changiairport, Bandara Changi merupakan bandara terbaik di dunia, yang terdiri atas tiga terminal yang semuanya terhubung oleh Skytrain.

Layanan Skytrain beroperasi setiap hari pukul 05.00-02.30 waktu setempat tanpa dipungut biaya bagi para penumpang pesawat yang hendak transit dan pindah terminal. Waktu rata-rata menunggu Skytrain antara 1-3 menit, dengan perkiraan perjalanan antarterminal 1-4 menit.

Skytrain merupakan salah satu fasilitas transfer antarterminal, selain travellators dan shuttle bus. Skytrain beroperasi sejak 1990, dan merupakan monorel otomatis pertama di Asia.

Skytrain lalu direvitalisasi pada 2002 dengan menghabiskan dana US$135 juta dengan menggunakan sistem Mitsubishi Crystal Mover, menggantikan Innovia APM 100.

Skytrain Bandara Changi, Singapura.

Selain antarterminal, Skytrain dapat mengantarkan penumpang ke stasiun MRT untuk menuju pusat kota. Pengelola bandara berencana untuk memperluas layanan Skytrain dengan menambahkan dua stasiun baru dan dapat melayani Terminal 4 yang sedang dibangun.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Sementara itu, Direktur Utama AP II, Tri Sunoko, di sela peresmian replika monorel di Madiun, Senin 6 Mei 2013, mengatakan, monorel di Bandara Soekarno-Hatta nantinya dapat dimanfaatkan oleh penumpang dan pegawai di sekitar bandara. Dalam pengoperasian monorel itu, Angkasa Pura II tidak memungut biaya sepeser pun.

Namun, dia menjelaskan, perseroan tetap membutuhkan dana agar pembuatan monorel dapat terealisasi. "Untuk itu, agar investasi kembali, kami akan naikkan airport tax," kata Tri.

Mengenai investasi, Tri hingga kini belum bisa memastikan berapa dana yang dibutuhkan. Tapi, dia optimistis monorel bandara akan bisa beroperasi pada akhir 2014 atau paling lambat awal 2015. (art)

Baca juga:

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama BRIN menyebut upaya Prabowo Subianto untuk merangkul parpol lain non-pendukungnya, sesuai dengan janji kampanyenya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024