BISNIS

Cara Bank Indonesia Redam Inflasi Pangan

Bank Indonesia pun menerbitkan Laporan Nusantara.

ddd
Rabu, 8 Mei 2013, 12:48
Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution
Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution (REUTERS/Enny Nuraheni)
VIVAnews - Bank Indonesia menerbitkan Laporan Nusantara, yang berisi kajian setiap daerah yang ada di Indonesia untuk meminimalisasi terjadinya gejolak harga pangan.

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, Rabu 8 Mei 2013, menyatakan, BI telah menyempurnakan kajian setiap daerah yang ada di Indonesia untuk mengendalikan tingkat inflasi daerah. Dengan kajian ini, maka kontribusi inflasi daerah terhadap tingkat inflasi nasional bisa terkendali dan sesuai dengan target.

"BI menerbitkan kajian untuk setiap daerah yang kami namai Laporan Nusantara. Ini memuat tentang potensi pertumbuhan ekonomi, pembiayaan perbankan, tingkat inflasi, prospek ekonomi, dan isu-isu strategis yang muncul di daerah," kata Darmin dalam acara Rakornas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta.

Darmin mengatakan, TPID selama ini sudah melakukan pekerjaan dengan baik. Hal ini terlihat dari masih terjaganya berbagai indikator ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi sepanjang 2012.

"Perekonomian kita dalam beberapa tahun mampu bertahan di tengah gejolak. Pada 2012, ekonomi kita capai 6,2 persen dan tingkat inflasi dikendalikan 4,3 persen atau sesuai target pemerintah dan Bank Indonesia." katanya.

Agar hal tersebut dapat terjaga hingga akhir 2013, BI mengupayakan memperbanyak TPID di seluruh Indonesia. Sekadar informasi, jumlah TPID saat ini sebanyak 66 TPID, bertambah dari sebelumnya yang hanya sekitar 44 TPID.

"TPID sudah melakukan langkah kebijakan utama meningkatkan kapasitas ekonomi, memitigasi risiko, dan semacamnya. Ke depan, TPID akan dibentuk di seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia," ungkap Darmin. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com