Pegadaian Keluarkan Produk Emas Sendiri

Emas batangan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - PT Pegadaian akan mengeluarkan produk emas sendiri dan tidak bergantung lagi dari PT Aneka Tambang Tbk. Perseroan akan bekerja sama dengan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) untuk mencetak emas mereka.
Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Hal itu ditegaskan Direktur Utama Pegadaian, Suwhono, dalam diskusi bersama media di kantor pusat Pegadaian, Jakarta Pusat, Jumat 10 Mei 2013.
Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Suwhono menambahkan, Pegadaian akan menyerahkan emas batangan kepada perusahaan pelat merah itu, lalu Peruri mencetaknya dalam berbagai ukuran.
Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

"Kami membeli emas batangan di pasar --tempat yang menawarkan bahan baku--, lalu menyerahkannya kepada Peruri. Kemudian, Peruri mencetaknya menjadi berbagai ukuran," ujarnya.

Namun, Suwhono enggan menyebutkan berapa jumlah dana yang dikeluarkan Pegadaian untuk biaya pembuatan emas itu. "Kami membayar ongkos cetak dan harganya sangat kompetitif," kata dia.

Pegadaian memproduksi emas-emas itu, menurut dia, karena perseroan tidak lagi bisa bergantung pada Antam. "Target kami, kan 3-4 ton. Sedangkan pasokan emas dari Antam kurang," tutur Suwhono. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya