Pemerintah Anggarkan Rp1,5 T untuk Bebaskan Lahan Tol

Perataan tanah untuk pembangunan jalan Tol Semarang-Solo
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo
VIVAnews – Pemerintah tahun ini menyiapkan dana Rp1,5 triliun untuk membantu pembebasan lahan seluruh jalan tol yang ada di Indonesia. Anggaran yang dianggarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum ini meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,3 triliun.
Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Nilai yang dianggarkan tahun ini, menurut Direktur Jendral Bina Marga, Djoko Murjanto, kepada VIVAnews, Senin 13 Mei 2013, cukup besar dan dinilai cukup. "Selama ini, setiap yang bermasalah itu bukan dana bantuannya, tetapi realisasi pembebasan tanah di lapangan," ujarnya.
Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Dana ini, Djoko menambahkan, sebelumnya ditentukan berdasarkan alokasi di tiap ruas tol yang dalam masa pembebasan lahan. Namun, semenjak tahun ini dana bantuan ini tidak diberikan alokasi khusus, melainkan untuk seluruh jalan tol di Indonesia.
Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa setiap tahunnya dana yang dianggarkan selalu tidak terpakai. Pada 2011, ada sisa dana sebesar Rp500 miliar dan 2012 lalu sebesar Rp300 miliar yang tidak terserap oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Djoko mengharapkan, tahun ini dana bisa terserap lebih banyak. Hingga Mei 2013, penyerapannya baru mencapai sekitar 15 persen atau Rp225 miliar. Angka ini, menurutnya memang masih kecil.

Namun, ia mengharapkan penyerapan tahun ini akan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya seiring dengan komitmen beberapa BUJT untuk menggenjot pembebasan tanah di ruas milik mereka. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya