32 Pekerja Freeport Terjebak Longsor, 5 Berhasil Dievakuasi

PT Freeport Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVAnews - Bencana longsor kembali terjadi di areal tambang PT Freeport di Mimika, Papua, saat atap terowongan QMS Underground area Big Gossan tiba-tiba runtuh sekitar pukul 07.45 WIT, Selasa 14 Mei 2013. Akibatnya puluhan pekerja terjebak di bawah tanah.  Kejadian longsor berlokasi di sekitar jalan masuk ke terowongan area Big Gossan Mil 74. Kemungkinan besar evakuasi dapat dilakukan pada sisi lorong lainnya.

Dari data yang berhasil dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), longsor terjadi ketika aktivitas tambang berjalan seperti biasanya. Sekitar 32 pekerja yang berada di bawah tanah pun terjebak dan tidak bisa keluar dari areal tambang di bawah tanah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat ini 5 korban telah berhasil dievakuasi. "Namun masih belum dapat dikonfirmasi status korban itu," katanya.

Menurut Sutopo, sekarang masih dilakukan upaya evakuasi terhadap para pekerja yang terjebak. BNPB belum mendapat informasi secara detail kronologi longsor di tambang emas dan tembaga itu.

Tim Emergency Response Group (ERG) PT Freeport Indonesia dan tenaga bantuan petugas medis Rumah Sakit SOS Tembagapura, karyawan Security and Risk Manajement (SRM) beserta sejumlah anggota polisi dari Polsek Tembagapura telah siaga dan melakukan evakuasi di lokasi kejadian.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Papua telah berkoordinasi dengan PT Freeport Indonesia. Pendataan masih dilakukan. (eh)

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024